Sabtu, 01 Januari 2011

KECIL-KECIL BIKIN BUDEG (Hati-hati dengan barang yang satu ini)

Foto: Getty Images/ Frank Fife
Lo termasuk yang nggak bisa lepas dari walkman atau discman? Sama dong! Lo nggak bisa dengerin musik dengan suara pelan? Wah sama juga, he...he...he. Eniwei, kuping lo suka berdenging kalo abis make earphone? Nah lho! Kenapa tuh? 
   
“Jelas aja! Kalo denger walkman atau discman-nya dengan volume yang keras, suara musik itu akan menggetarkan gendang pendengaran. Dan getarannya akan sampai ke persyarafan di daerah telinga dalam. Nah, ini menyebabkan kerusakan sel-sel syaraf reseptor (syaraf yang fungsinya menghantarkan suara, RED)!” jelas Dr. Helmi Sp.THT.
Sebenernya sih, rusaknya sel-sel syaraf reseptor ini bisa terjadi juga saat lo ngedengerin musik dengan volume keras dari speaker. Cuma aja, kalo dengerinnya pake earphone, imbasnya bakal lebih cepet. Soalnya kan udara yang jadi perantara suara keras itu lebih sedikit!
Kata dokter Helmi, kalo kebiasaan dengerin musik kenceng sambil make earphone ini cuma sekali-sekali, kerusakan sel-sel syaraf itu nggak bakal menetap. Paling beberapa saat setelah earphone dicopot aja lo bakal ngerasa kuping berdenging dan rada-rada budeg dikit.
Tapi, “Kalo kebiasaan ini terus-terusan dilakukan (misalnya, setiap hari dan dalam satu hari bisa sampe berjam-jam, RED.), ya kerusakannya bisa jadi permanen. Sel-sel saraf itu jadi mati!” cetus Pak Dokter dari RSCM ini.
Hah??? Budeg selamanya dong?!?!Wuaaah...dari pada budeg, mending dikecilin deh volumenya!
Mana earphone yang paling sehat buat kuping? 
1.   Earphone model gini paling nyaman buat kuping. Soalnya, bentuknya yang pas-pasan nutup daun telinga nggak bakal bikin lecet kalo telinga kita keringetan. Lagian, musik yang kedengeran juga tetap jelas kok. 
2.   Kalo dari segi kenyaman dengerin suara musik, earphone begini jelas paling asik. Paling mantep! Tapi, bentuknya yang segede-gede gaban itu membekap udara, man. Makanya kelamaan dikit aja lo make, kuping berasa gerah! Wah, bisa bikin kulit daun telinga jadi lecet-lecet tuh.
Si kecil ini bentuknya emang paling simpel, gampang dibawa-bawa! Tapi, ternyata paling nggak sehat lho. Earphone kayak gini suka bikin sakit liang telinga. Liang telinga kan kulitnya tipis banget. Dindingnya juga langsung tulang; nggak ada daging, nggak ada lemak. Nah, kalo disumpelin benda kecil ini, gimana nggak sakit?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar