Sabtu, 01 Januari 2011

Apa, siapa dan bagaimana makhluk bernama AIDS itu?




Memasuki tanggal 1 Desember, kita ingat adalah hari AIDS sedunia. Hari AIDS sedunia diperingati sudah dari puluahan tahun yang lalu. Dan pertama kali dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada tahun 1987. Hari AIDS diperingati guna menumbuhkan kesadaran akan wabah AIDS yang tertularkan lewat virus HIV.
Perlu diketahui, penderitanya tiap tahun meningkat dan ironisnya lagi penderita tidak pandang bulu, virus ini memang belum diketahui obatnya namun ada pencegahannya. Yang terpenting untuk di ingat adalah cara hidup sehat dengan tidak melakukan seks pra nikah,  hindari penggunaan jarum suntik secara bersamaan, dan selalu setia dengan pasangan untuk tidak melakukan hubungan seks berganti-ganti pasangan.
Faktanya, menurut data statistic kasus HIV AIDS banyak terjadi di daerah-daerah pelosok salah satunya adalah Papua. Justru banyak orang-orang awam yang tidak mengenal apa itu HIV AIDS, tapi kenapa bisa terjangkit virus mematikan itu. Mungkin karena kurangnya sosialisasi mengenai Virus HIV kepelosok-pelosok dan minimnya pengetahuan masyarakat kita akan penyakit itu.
“Kalau menurut gue, masalah ini harus ada perhatian khsusus terutama ini adalah tugas Menteri Kesehatan. Dan satu lagi jangan pernah mendiskriminasikan ODHA, karena ODHA, bukan suatu keinginan atau pilihan hidupnya sebagai ODHA” Rio salah satu mahasisiwa di Jakarta menanggapi.
Bener banget tuh, ODHA bukan untuk dijauhi atau diasingkan, ODHA juga manusia! Orang-orang ODHA juga masih bisa berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar